• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

Tularkan Kebiasaan Menulis, SMAN 1 Manggar Lakukan Workshop Pelatihan Artikel Ilmiah

SMA Negeri 1 Manggar laksanakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah. Acara yang bertempat diruang multimedia tersebut diikuti oleh lebih dari 50 orang guru di Kabupaten Belitung Timur. Dilaksanakannya acara ini bertujuan memberikan pelatihan untuk guru agar dapat menulis artikel ilmiah yang baik.

Dengan demikian, guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis agar dapat digunakan sebagai mana mestinya. Workshop tersebut rencananya akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 21, 22, 26, dan 27 Oktober 2020.

Hadir sebagai pemateri yaitu Adi Zahriadi, Sabarudin, Winda Ari Anggraini, dan Ares Faujian. Hari pertama workshop diisi dengan materi dari Kacabdin Wilayah IV Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adi Zahriadi dan Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin.

Adi Zahriadi dalam hal ini menyampaikan materi tentang pengantar menulis artikel ilmiah. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa tantangan guru kedepan akan semakin berat. Oleh sebab itu, beliau berharap guru dapat lebih berinovasi dan menuliskan praktek-praktek baik yang dilakukan disekolah dalam bentuk artikel ilmiah.

Adi juga menyampaikan bahwa guru saat ini harus mampu membekali siswa untuk mengembangkan kemampuannya sehingga dapat menjawab tantangan zaman. Tulisan dalam bentuk artikel ilmiah menurut beliau bukan hanya untuk mengejar angka kredit tetapi harus memberikan siswa suatu cara untuk berubah kearah yang lebih baik dalam belajar.

Beliau juga menyebutkan banyak sekali manfaat bagi guru jika mampu menguasai keterampilan menulis [artikel ilmiah.

“Guru dalam hal ini akan banyak sekali mendapatkan reward jika memilki ‘kemampuan menulis yang baik. Salah satunya adalah dapat menginspirasi orang lain dengan tulisannya,” ucap Adi. 

Menutup materinya beliau secara umum sangat mengapresiasi acara yang dislenggarkaan oleh SMAN 1 Manggar. Menuurt beliau acara ini sangat pas dilakukan disini mengingat SMAN 1 Manggar telah memulai dalam menulis segala praktik baik yang dilakukan.

“Intinya kita contoh SMAN 1 Manggar dan saya juga berharap bapak ibu sekalian dapat mengupgrade dirinya agar dan membimbing siswa dengan lebih baik lagi,” pungkas Adi.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Sabarudin. Beliau secara khusus mengambil judul tentang strategi, plagiarism, sitasi, dan simililiarity artikel ilmiah.

Dalam paparannya beliau mengambil beberapa point penting salah satunya mendapatkan masalah yang menarik untuk kemudian dikembangkan menjadi topik yang spesifik dalam menulis artikel ilmiah.

Kemudian beliau juga menjelaskan mengenai sistematik serta publikasi ilmiah yang baik. Selain hal tersebut, beliau juga memaparkan secara gamblang mengenai cara menghindari plagiarisme yang sering sekali terjadi dalam sebuah tulisan.

Sabarudin juga mengingatkan kepada seluruh guru peserta workshop untuk dapat lebih kreatif dalam mengelolah pembelajaran dan menuliskannya dalam sebuah artikel ilmiah.

“Kualitas Pendidikan di sekolah dasar pada saat ini tergantung pada kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar. Dan juga kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar sangat menentukan kualitas pendidikan di sekolah dasar,” ucap Sabarudin.

Dalam Workshop tersebut juga diisi dengan arahan dari Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Ervawi. Beliau secara khusus menghimbau agar guru dapat membiasakan diri dalam menuliskan praktek-praktek baik yang dilakukan di sekolah.

Selain itu beliau juga berharap pelatihan ini dapat membuka dan mendobrak kebiasaan guru yang selama ini terkesan sulit dalam menulis. Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Manggar juga menyerahkan buku karya literasi kepala sekolah, guru, dan siswa dimasa pandemic kepada pak Ervawi.

Ditemui setelah acara, Sabarudin mengaku bahwa kegiatan ini salah satunya adalah untuk membantu mengatasi kesulitan yang dirasakan oleh guru dalam menulis.

“Yah kegiatan ini sebenarnya kita lakukan tidak lain untuk membantu guru. Tidak hanya guru diluar sekolah kami, namun juga kami berikan secara internal untuk guru-guru kami disekolah,” ucap Sabarudin.

Selain itu, beliau juga menyebutkan pemateri untuk acara ini adalah memang guru-guru yang kompeten dalam dunia tulis menulis.

“Pematerinya tidak hanya saya dan pak kacabdin, namun ada dua orang guru kami yaitu Ares Faujian dan Winda Ari Anggraini yang akan membantu secara teknis dalam penulisan artikel ini. Ares secara khusus akan membahas tentang perencanaan serta cara menulis di media massa. Sedangkan untuk Winda sendiri akan memberikan materi tentang jenis dan cara menulis artikel ilmiah serta etika dalam penulisan. Mereka berdua juga akan menjadi pembimbing dalam praktek penulisan artikel,” tutup Sabarudin.

Setelah melewati rangkaian pelatihan, workshop penulisan artikel ilmiah ditutup secara resmi hari ini oleh Kadindik Kabupaten Belitung Timur, Drs. Amrizal. Dalam pemaparannya, Amrizal mengucapkan terimakasih kepada SMA Negeri 1 Manggar yang telah melaksanakan kegiatan ini.

“Terimakasih untuk SMA Negeri 1 Manggar yang telah menyelenggarakan pelatihan yang sangat bermanfaat. Selama ini kepala SD dan SMP yang mengajukan ke saya itu dalam bentuk modul semuanya, tidak bervariasi. Namun dengan pelatihan ini semuanya saya harap dapat memahami bahwa untuk kenaikan pangkat tidak hanya bisa memakai modul. Banyak jenis tulisan yang dapat dihasilkan,” pungkas Amrizal.

 

Artikel ini disalin sepenuhnya dari laman https://www.jabejabe.co/tularkan-kebiasaan-menulis-sman-1-manggar-lakukan-workshop-pelatihan-artikel-ilmiah/

 

(Admin, HR)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMAN 1 Manggar Menebar Karya Literasi ke Luar Babel

Gaung literasi SMAN 1 Manggar terus diperdengarkan. Kali ini sekolah dengan julukan sekolah literasi tersebut melakukan diseminasi hasil karya literasi kepala sekolah, guru, dan siswa k

05/07/2022 19:09 WIB - Administrator
UBB Ajak Siswa SMAN 1 Manggar Mengenal Literasi Hukum

MANGGAR – Universitas Bangka Belitung (UBB) ajak para siswa SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengenal literasi hukum dan hak perempuan. Ajakan tersebut disamp

20/05/2022 14:22 WIB - Administrator
Tingkatkan Kualitas Literasi, SMAN 1 Manggar Gelar Pelatihan Menulis Guru

Pelatihan menulis artikel di media massa bagi Guru SMAN 1 Manggar telah resmi ditutup oleh Adi Zahriadi, selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Wil. V Kep. Babel. B

02/03/2022 06:57 WIB - Administrator
Agar Tak Jadi Layangan Putus, SMAN 1 Manggar Gelar Seminar Jurus Jitu Masuk PTN Favorit

Guna memberikan pandangan tentang perguruan tinggi negeri (PTN) favorit, SMA Negeri 1 Manggar menggelar seminar pada Jumat (4/2/2022). Acara dengan tajuk kiat sukses masuk PT

09/02/2022 20:21 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Bedah Buku, Wakil Rektor UBB & Dosen ITB Beri Pujian

Mengulang sukses tahun 2020, SMAN 1 Manggar kembali lakukan bedah buku. Acara yang bertujuan membedah karya literasi SMAN 1 Manggar tersebut bertajuk “Literakarsa Raya: Tunjukkan

09/02/2022 20:18 WIB - Administrator
Kepala DKPUS Babel Bangga Pengembangan Literasi di SMAN 1 Manggar

SuaraPemerintah.ID – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rakhmadi menghadiri Bedah Buku “Literakarsa Raya Tu

06/02/2022 17:55 WIB - Administrator
Hadiri Bedah Buku, Rakhmadi Bangga Pengembangan Literasi di SMAN 1 Manggar

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rakhmadi menghadiri Bedah Buku “Literakarsa Raya Tunjukan Potensi, Lejitkan Prest

06/02/2022 17:53 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Hadirkan KAFE Literasi dan Podcast, Gubernur: Ini Luar Biasa

BELITONGEKSPRES.CO.ID – SMAN 1 Manggar terus berbenah dengan hadirkan KAFE Literasi dan Podcast untuk menambah kemampuan dan keterampilan siswanya. Sebab, pengemba

05/02/2022 08:08 WIB - Administrator
Sabarudin Mengawali Tahun Baru dengan Prestasi Baru, Raih Penghargaan Lomba Video PPIB

 Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin mengawali tahun baru dengan prestasi baru. Kali ini di semester genap tahun 2022, ia meraih penghargaan lomba video PPIB. Ia berhasil m

18/01/2022 19:23 WIB - Administrator
Sabarudin Berbagi, Perkuat Kompetensi Literasi Guru PLB di Babel

Semangat berbagi terus dipupuk oleh kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin. Kali ini dia didapuk menjadi narasumber pada pelatihan peningkatan kompetensi literasi guru Pendidikan Luar Bi

30/12/2021 08:09 WIB - Administrator