• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

Semarak Merdeka Berkarya SMAN 1 Manggar Dibuka Bupati, Berlangsung Meriah Meski Hujan

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Semarak Merdeka Berkarya SMAN 1 Manggar dibuka oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin pada Senin (24/10). Rangkaian acara yang digelar untuk memberikan ruang kreasi siswa tersebut sudah digelar sebanyak 2 kali dan merupakan acara tahunan sekolah ini. 

Meski diwarnai hujan, gelaran acara tersebut tetap berlangsung meriah. Hal itu terbukti dengan tingginya antusias siswa SMAN 1 Manggar menunjukkan kreativitasnya. Tarian kolosal yang merupakan ciri khas semarak merdeka berkarya juga ditampilkan. 

Seluruh siswa kelas XII benar-benar menampilkan yang terbaik di gelaran tersebut. Berkostum warna biru, angkatan ke 40 SMAN 1 Manggar menampilkan tarian kolosal yang memadukan unsur tradisional dan modern. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, semarak merdeka berkarya jilid 2 ini juga bergandengan dengan acara Integrated Career Day yang di motori oleh MGBK Provinsi Bangka Belitung. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta (siswa) untuk dapat lebih memahami apa yang harus dilakukan pasca sekolah. 

Terdapat beberapa kegiatan di acara Integrated Career Day yang bertempat di SMAN 1 Manggar yaitu: Expo Campus, Sospro Campus, dan Talkshow. Acara-acara tersebut berlangsung serentak selama dua hari. Tidak tanggung-tanggung, terdapat tujuh universitas yang ikut serta di kegiatan expo kampus. 

Sebut saja Universitas Bina Nusantara, Universitas Pertamina, Universitas Sanata Darma, Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung, Telkom University, UNISA Jogja, dan Universitas Multimedia Nusantara. Setiap kampus tersebut menjelaskan tentang program studi, dan hal lainnya di stan-stan yang telah disediakan.

Tidak tanggung-tanggung, acara ini dibuka langsung oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin. Dibawah payung, beliau tetap semangat memberikan sambutan di depan tamu undangan dan orang tua yang hadir. 

“Saya benar-benar merasakan hal yang luar biasa. Walaupun ditengah guyuran hujan anak kita semua tetap semangat menampilkan kreasi, inovasi yang terbaik di hadapan kita semua," ucap Burhanudin.  

“Bapak ibu sekalian, hal dipertontonkan oleh para siswa kita dihari ini menunjukkan bahwa anak kita memiliki kemampuan intelektual dan kreasi guna menunjukkan siapa diri mereka. Hal ini tentunya tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama yang baik oleh seluruh stakeholder terutama keluarga besar SMAN  1 Manggar. Untuk itu, saya berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas apa yang dilakukan oleh kawan-kawan di SMAN 1 Manggar," ungkapnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Ketua MGBK Provinsi Bangka Belitung, Windy Garini. “Saya benar-benar mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pak Sabar dan SMAN 1 Manggar atas bantuannya sebagai tuan rumah. Kami merasa sangat terapresiasi dan banyak belajar sesuatu yang baru di SMAN 1 Manggar," ucap Windy. 

Saya jujur takjub dan merinding dengan apa yang disajikan oleh sekolah ini. Terutama lewat acara ini kita semua juga tahu prestasi yang didapatkan oleh SMAN 1 Manggar dan kita semua juga bisa lihat kerjasama yang baik. Terutama kerjasama kepala sekolah, guru, dan siswanya untuk bahu membahu menyukseskan acara ini," imbuhnya.

“Saya juga melihat sesuatu yang luar biasa dimana sekolah ini lewat Pak Sabar dapat merangkul seluruh stakeholder untuk dapat terlibat. Saya lihat orang tua, guru BK SMA/SMK/MA bahkan SMP/MTs dirangkul untuk menyukseskan acara. Hal ini yang tidak saya dapati di sekolah lain. Yah semoga di hari kedua nanti cuaca mendukung dan kegiatan ini dapat lebih sukses lagi. Sekali lagi terimakasih atas fasilitas dari SMAN 1 Manggar untuk MGBK Babel, sukses selalu," ungkap Windy.

Sama dengan Windy Garini, pastinya ketua pelaksana Citra Resmi sangat bersyukur kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.Guru BK SMAN 1 Manggar ini berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung hingga acara ini dapat berjalan seperti yang direncanakan.

 “Tentunya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dengan bantuan dari banyak pihak. Saya benar-benar mengucapkan terimakasih kepada ketua MGBK Babel ibu Windy dan seluruh guru BK yang telah membantu. Terkhusus untuk kepala SMAN 1 Manggar dan tentunya panitia yang sudah sangat bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini. Semoga sampai besok acara ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat seperti yang kita harapkan bersama," ucap Citra.

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin juga menyambut baik kegiatan ini. “Saya bersyukur kegiatan Semarak merdeka berkarya dan integrated career day hari ini dapat berjalan dengan lancar," kata Sabarudin. 

“Acara semarak khususnya sengaja kami buat untuk memberikan ruang kepada siswa-siswa kami dalam mengekspresikan  bakat dan talenta yang dimiliki. Kemudian acara tersebut juga dikolaborasikan dengan Integrated Career Day yang dimotori oleh MGBK Babel untuk memberikan kesempatan kepada siswa. Terutama dalam menggali informasi lebih lanjut mengenai dunia yang akan dihadapi oleh peserta didik pasca sekolah. Jadi nantinya mereka dapat lebih memahami dunia kuliah, dunia usaha, dan dunia kerja," ucapnya.

“Semoga kegiatan merdeka berkarya ini dapat terus berlanjut kedepannya dan integrated career day-pun dapat lebih suksesserta  diikuti oleh lebih banyak universitas di Indonesia. Dan tentunya semoga acara ini dapat memberikan banyak impact yang positif," ungkap Sabarudin. 

Kemudian, ia juga mengucapkan terima kepada pihak-pihak yang terlibat. “Terimakasih juga kepada Bupati Belitung Timur yang sudah rela hujan-hujanan untuk dapat mematik semangat siswa kami dan orang tua. Terimakasih pula Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pengawas, dan semua tamu undangan yang telah berkenan hadir," pungkasnya.

Artikel ini disalin sepenuhnya dari laman https://belitongekspres.disway.id/read/641339/semarak-merdeka-berkarya-sman-1-manggar-dibuka-bupati-berlangsung-meriah-meski-hujan/15

(Admin, HR)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMAN 1 Manggar Peduli 2024, SMANSA Bagikan 383 Paket Sembako Senilai Rp39.415.000

Didik SMANSA Peduli SMAN 1 Manggar kembali di gelar pada Rabu (03/04)  dan Kamis (04/04) didepan kantor camat Manggar. Kegiatan ini merupakan hal rutin yang dilakukan SMAN 1 Mangg

08/04/2024 11:22 WIB - Administrator
123 Pelajar Beltim Lulus Perguruan Tinggi Negeri Melalui Jalur SNBP 2024, Smansa Manggar Menjadi Yang Terbanyak.

 Sebanyak 123 pelajar Belitung Timur lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Sementara itu, terdapat 73 pelaja

08/04/2024 11:16 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Raih Prestasi Gemilang Karya Tulis Ilmiah Sumber Daya Air 2024, Sisihkan 1044 Peserta

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Beltim) kembali mendulang prestasi gi

28/03/2024 13:02 WIB - Administrator
48 Siswa SMAN 1 Manggar Belitung Timur Lolos SNBP 2024, Arifki Berhasil Masuk Kedokteran Hewan IPB

Sebanyak 48 siswa di SMAN 1 Manggar berhasil lolos dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi negeri 

28/03/2024 12:54 WIB - Administrator
Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Inovasi dan kreativitas selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. Dalam menyambut bulan ramadhan, sekolah dan tagline totalitas kunci kualitas ini kembali melakukan inovasi pada Jumat (8/03

12/03/2024 11:18 WIB - Administrator
Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, Guru Besar Upi Bandung Berikan Inspirasi di Beltim

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI BELITUNG TIMUR SMAN 1 Manggar tidak hentinya terus melakukan inovasi dan pengembangan. Kali ini sekolah negeri tertua di Kabupaten Belitung Timur tersebu

12/03/2024 11:15 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Bangka Belitung Nyaba Ka SMAN 15 Bandung.... Ternyata Jadi Kepala Sekolah Harus "Gila"....

Jumat, 1 Maret 2024 SMAN 15 Bandung menerima kunjungan Kepala SMAN 1 Manggar beserta tim, diterima di ruang rapat wakasek SMAN 15 Bandung.  Hadir Sabarudin, M,

12/03/2024 11:10 WIB - Administrator
Studi Tiru di Dua Sekolah, SMAN 1 Manggar Panen Ilmu di Bekasi & Bandung

SMA Negeri 1 Manggar tidak hentinya mengembangkan kemampuan kepala sekolah, guru dan siswanya. Guna mengembangkan hal tersebut, sekolah ini melakukan studi tiru ke SMA Islam PB Soedirma

12/03/2024 11:04 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar dan SMAN 2 Tanjungpandan Tandatangani MoU Pemanfaatan Chromebook

BELITONGEKSPRES.COM, MANGGAR - SMAN 1 Manggar dan SMAN 2 Tanjungpandan lakukan kerjasama mengenai pemanfaatan Chromebook dalam pembelajaran, Senin 12 Februari 2024.  Kerjasam

13/02/2024 07:10 WIB - Administrator
Hadirkan Dosen ITB, 500 Peserta Antusias Ikuti Seminar Nasional di SMAN 1 Manggar

SMAN 1 Manggar dan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema ”Merawat Kebhinekaan dan Memperkuat Pendidikan Karakter dalam B

13/02/2024 07:06 WIB - Administrator