• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

Sabarudin Diganjar Penghargaan PNS Berprestasi Peringkat 1 Babel

Prestasi demi prestasi yang ditorehkan membuat Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin kembali diganjar penghargaan.

Kali ini ia berhasil memperoleh penghargaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) berprestasi peringkat 1 di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Tahun 2021.

Penghargaan ini bukanlah sesuatu yang mudah didapatkan. Perlu diketahui ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebut saja tidak pernah dijatuhi hukum disiplin pegawai, tidak berstatus tersangka, terpidana, dan terdakwa dalam kasus hukum, serta berbagai syarat lainnya.

Namun yang terpenting adalah pengawai tersebut haruslah pengawai yang berprestasi pada tingkat Nasional ataupun Internasional serta setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pemerintahan yang sah.

Acara penyerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Emas Kopri ke 50 di Kantor Gubernur Babel, Senin (28/11) “Pengawai Negeri Sipil (PNS) dalam hal ini harus dapat menerapkan prinsip kerja iklash, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas,” ucap Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

“Pada hari ini ada beberapa contoh PNS yang sudah sangat berhasil menerapkan prinsip-prinsip tersebut. Mereka adalah orang-orang yang berprestasi. Saya ucapkan selamat kepada PNS berprestasi Provinsi Babel 2021. Semoga kedepan makin banyak anggota KOPRI yang berprestasi dan KOPRI semakin kompak serta terus menjalin solidaritas,” imbuh Gubernur.

Terpilihnya Sabarudin sebagai PNS Berprestasi 2021 membuktikan bahwa ia adalah sosok yang luar biasa. Sabarudin membuktikan bahwa kerja cerdas dan inovatif dalam dunia pendidikan dapat menghantarkan seseorang meraih prestasi.

Terlebih dia adalah satu-satunya perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Hal ini sesuai dengan aturan penghargaan yang hanya mengizinkan satu wakil dari setiap perangkat daerah untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah tidak henti-hentinya saya mengucapkan puji syukur atas nikmat yang telah Allah berikan dan titipkan ini. Saya benar-benar merasa luar biasa diberikan kepercayaan menerima penghargaan sebagai PNS Berprestasi Provinsi Babel pada tahun ini,” ujar Sabarudin.

Menurutnya, prestasi itu bisa dipandang sebagai bahan pembuktian bahwa segala sesuatu itu harus dikerjakan dengan hati. Artinya tetap harus bekerja sebaik mungkin dengan segala ketentuan yang ada.

“Akan tetapi perlu diingat kita juga harus terus berinovasi, berpikir kedepan, dan harus memiliki target pencapaian. Saya rasa dengan itu semua, insyaAllah prestasi-prestasi akan ikut terus mengiringi,” jelas Sabarudin.

Terlepas dari itu, Sabarudin tetap mengakui prestasi yang didapatkan kali ini adalah prestasi bersama. Ia berpendapat bahwa membangun prestasi di sekolah itu tidak bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain.

“Pastinya seperti yang sudah sering saya ucapkan sebelumnya,prestasi yang saya dapatkan bukanlah prestasi saya pribadi. Banyak sekali bantuan yang saya dapatkan dalam membangun sekolah,” katanya.

Sabarudin melanjutkan, ia juga tidak bisa berdiri sendiri sebagai pemimpin, tanpa kerjasama dari guru, staf, orang tua, siswa, dan masyarakat. Jadi itu semua adalah prestasi bersama.

“Saya dalam kesempatan ini sangat berterima kasih sekali atas kerjasama semua stakeholder yang telah mendukung. Terima kasih pula kepada Gubernur Babel Bapak Erzaldi Rosman,” sebutnya.

Kemudian ia juga mengucapkan terimakasih kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel Ervawi, Kepala Cabang Dinas Wilayah V, Adi Zahriadi, pengawas bina SMAN 1 Manggar, Dalifah Yunus, atas semua kesempatan dan dukungan kepadanya.

Ia benar-benar merasa diberikan ruang untuk dapat terus berkembang dalam memajukan dunia pendidikan berkat mereka semua.

“Terima kasih pula kepada seluruh siswa, guru, staf, orang tua, dan keluarga besar SMAN 1 Manggar. Terkhusus, tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas cinta dan dukungan dari keluarga terutama istri dan anak yang senantiasa mendukung dan mendoakan serta merelakan waktu bersama,” ucapnya lagi.

Sabarudin berharap kedepan ia ingin terus memoles wajah pendidikan di SMAN 1 Manggar. Pastinya ia ingin terus melakukan inovasi-inovasi untuk mendongkrak prestasi di SMAN 1 Manggar.

“Saya juga berharap penghargaan ini dapat dijadikan sebagai pengingat dan motivasi bagi saya agar terus menjadi PNS yang memiliki semangat berkembang dan maju. Sehingga image dan stigma miring tentang PNS yang terdengar di masyarakat selama ini tidak terjadi lagi. Mari bersama kita bergerak dengan hati, pulihkan negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, pengawas bina SMAN 1 Manggar, Dalifah Yunus menuturkan, Sabarudin sangat pantas sekali mendapatkan penghargaan ini. Banyak hal menurut dia yang dapat dijadikan tolak ukur.

”Saya pribadi sangat salut kepada pak Sabarudin, apalagi untuk kinerjanya saya rasa tak perlu diragukan. Beliau selalu totalitas dalam setiap sekolah yang beliau pimpin sehingga raihan prestasu baik siswa dan guru selalu meningkat,” kata Dalifah.

“Terlebih saat ini di sekolah ke tiga yang beliau pimpin (SMAN 1 Manggar)  juga  menunjukkan prestasi yg luar biasa  yang tak lepas dari kinerjanya,” sambungnya.

Tidak hanya itu, menurut Dalifah prestasi Sabarudin ini tidak terlepas dari kemampuannya menjadi figure dan teladan di dunia pendidikan.

Sabarudin dalam kepemimpinannya tidak hanya mengajak ataupun menghimbau, tetapi juga ikut serta dalam berbagai kegiatan. Hal ini yang dirasa kemudian dapat menjadi contoh bagi siswa, serta guru untuk kemudian juga ikut berprestasi dan berpartisipasi.

“Selanjutnya salah satu hal  yang  saya kagumi dari beliau adalah tidak bekerja sendiri. Beliau selalu berkoordinasi dengan saya selaku pengawas bina terkait kegiatan apapun yg diselenggarakan sekolah. Selamat atas prestasi yg telah diraih dan semoga pak Sabar selalu menginspirasi guru dan siswa untuk selalu berkontribusi dalam memajukan pendidikan  di SMAN 1 Manggar khususnya dan Provinsi Babel umumnya,” tutup Dalifah. (*)

 

Artikel inii telah disalin sepenuhnya dalam laman https://belitongekspres.sumeks.co/sabarudin-diganjar-penghargaan-pns-berprestasi-peringkat-1-babel/

(Admin, HR)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
OSN Kabupaten Beltim, SMAN 1 Manggar Jadi Juara 5 Tahun Berturut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan. Tahun 2024 ini, SMAN 1 Manggar kembali menyabet gelar juar

18/04/2024 19:59 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Belitung Timur Juarai OSN Kabupaten Beltim 5 Tahun Berturut-turut

Sepak terjang SMAN 1 Manggar dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum terkalahkan

18/04/2024 19:55 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Peduli 2024, SMANSA Bagikan 383 Paket Sembako Senilai Rp39.415.000

Didik SMANSA Peduli SMAN 1 Manggar kembali di gelar pada Rabu (03/04)  dan Kamis (04/04) didepan kantor camat Manggar. Kegiatan ini merupakan hal rutin yang dilakukan SMAN 1 Mangg

08/04/2024 11:22 WIB - Administrator
123 Pelajar Beltim Lulus Perguruan Tinggi Negeri Melalui Jalur SNBP 2024, Smansa Manggar Menjadi Yang Terbanyak.

 Sebanyak 123 pelajar Belitung Timur lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Sementara itu, terdapat 73 pelaja

08/04/2024 11:16 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Raih Prestasi Gemilang Karya Tulis Ilmiah Sumber Daya Air 2024, Sisihkan 1044 Peserta

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Beltim) kembali mendulang prestasi gi

28/03/2024 13:02 WIB - Administrator
48 Siswa SMAN 1 Manggar Belitung Timur Lolos SNBP 2024, Arifki Berhasil Masuk Kedokteran Hewan IPB

Sebanyak 48 siswa di SMAN 1 Manggar berhasil lolos dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk masuk perguruan tinggi negeri 

28/03/2024 12:54 WIB - Administrator
Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Inovasi dan kreativitas selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar. Dalam menyambut bulan ramadhan, sekolah dan tagline totalitas kunci kualitas ini kembali melakukan inovasi pada Jumat (8/03

12/03/2024 11:18 WIB - Administrator
Peningkatan Kompetensi Profesional Guru, Guru Besar Upi Bandung Berikan Inspirasi di Beltim

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI BELITUNG TIMUR SMAN 1 Manggar tidak hentinya terus melakukan inovasi dan pengembangan. Kali ini sekolah negeri tertua di Kabupaten Belitung Timur tersebu

12/03/2024 11:15 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Bangka Belitung Nyaba Ka SMAN 15 Bandung.... Ternyata Jadi Kepala Sekolah Harus "Gila"....

Jumat, 1 Maret 2024 SMAN 15 Bandung menerima kunjungan Kepala SMAN 1 Manggar beserta tim, diterima di ruang rapat wakasek SMAN 15 Bandung.  Hadir Sabarudin, M,

12/03/2024 11:10 WIB - Administrator
Studi Tiru di Dua Sekolah, SMAN 1 Manggar Panen Ilmu di Bekasi & Bandung

SMA Negeri 1 Manggar tidak hentinya mengembangkan kemampuan kepala sekolah, guru dan siswanya. Guna mengembangkan hal tersebut, sekolah ini melakukan studi tiru ke SMA Islam PB Soedirma

12/03/2024 11:04 WIB - Administrator