• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

Rayakan Hari Ulang Tahun ke-42, SMAN 1 Manggar Bernostalgia

Rayakan Hari ulang tahun (HUT) ke-42 SMAN 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) bernostalgia dengan acara yang meriah, Rabu (31/8) kemarin.

Rangkaian acara puncak HUT ke-42 SMAN 1 Manggar yang tajuk “Terpelajar: Bersama Menjadi Juara” tersebut dibingkai dalam kegiatan seminar, talk show, reuni, dan pagelaran seni.  

SMAN 1 Manggar adalah sekolah negeri tertua di Kabupaten Beltim yang telah berdiri kokoh sejak 30 Juli 1980.

Dengan usia yang matang ini, SMAN 1 Manggar telah menghasilkan ribuan lulusan sukses. Oleh sebab itu, perayaan hari jadi ke-42 sekolah tersebut dibuat semarak dan begitu meriah. 

 

Tepat pukul 09.00 WIB, acara dibuka langsung oleh Bupati Belitung Timur yang diwakili oleh Haryoso, Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) menyampaikan apresiasi yang besar kepada SMAN 1 Manggar. 

“Saya sebelumnya memohon maaf atas nama bupati Belitung Timur, Bapak Burhanudin yang tidak dapat hadir bersama kita di hari yang berbahagia ini. Beliau kebetulan tidak bisa hadir karena ada urusan lainnya, namun beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini," ucap Haryoso. 

 

“Beliau juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada SMAN 1 Manggar dan berharapan sekolah ini terus berprestasi," tutup Haryoso.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ervawi mengucapkan selamat hari jadi SMAN 1 Manggar yang ke-42 tahun.

Harapannya, semoga SMAN 1 Manggar terus jaya dan beprestasi serta secara kontinyu memberikan kontribusi dalam menghasilkan lulusan yang semakin luar biasa. 

"Selama ini lulusan SMAN 1 Manggar ataupun guru yang berasal dari sekolah ini banyak sekali menjadi orang-orang yang berkontribusi untuk negeri ini. Semoga kedepan hal baik ini terus berlanjut. Sekali lagi selamat ulang tahun kepada SMAN 1 Manggar,” ungkap Ervawi. 

Tidak tanggung-tanggung, seluruh kepala SMAN 1 Manggar dari waktu kewaktu juga di undang dalam acara tersebut. Sebut saja Drs Sumardi, Dra Wiwik Sungkawati, Drs Kesumajaya, Drs Sarjano, Drs Hartoyo, Nurhidayah, S.Pd dan Dian Iryani, S.Pd.  Ketujuh orang tersebut adalah kepala SMAN 1 Manggar yang tidak berhalangan hadir pada talk show yang digelar. Kemudian tidak hanya kepala sekolah, guru-guru yang pernah mengabdikan diri di sekolah tersebut juga diundang dalam acara tersebut. 

Seluruh kepala sekolah tersebut kemudian di ajak untuk berbincang dalam talkshow yang dimoderatori langsung oleh kepala SMAN 1 Manggar saat ini, Sabarudin.  Dalam talkshow tersebut, seluruh kepala SMAN 1 Manggar diajar bernostalgia mengenai kekhasan kepemimpinan mereka. 

Sumardi, kepala SMAN 1 Manggar kelima (periode 1992-1994) mendapatkan pertanyaan tentang mengapa ia selalu memberikan perhatian berupa pertanyaan tentang kabar guru dan staff SMAN 1 Manggar saat beliau menjabat

“Sebenarnya untuk bertugas ke sekolah , para guru dan harus dalam keadaan fisik dan mental yang sehat. Oleh sebab itu kita perlu memberikan perhatian kepada mereka. Hal ini tidak lain agar guru dan staff dan memberikan yang terbaik saat mereka sehat secara fisik dan mental," kata Sumardi. 

Selanjutnya, Sumardi dalam pemaparannya juga berharap kedepan acara seperti ini dapat terus dilakukan. “Pastinya semoga acara seperti ini dapat dilakukan secara kontinyu sehingga silahturahmi kita tidak pernah terputus. Dan saya berharap semoga sekolah ini semakin maju berprestasi," tutupnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin mengatakan, pada perayaan ulang tahun ke 42 ini, ia sengaja mengundang seluruh elemen yang pernah mengabdikan dirinya di SMAN 1 Manggar. 

Mulai dari kepala sekolah, guru, dan pegawai semuanya kami undang. Hal ini tidak lain adalah untuk terus memupuk rasa persaudaraan dan silaturahmi.

“Kami juga mengundang bapak/ibu sekalian, kepala sekolah, guru, dan pegawai yang pernah menjadi bagian sekolah ini untuk kembali mengenang romantika di sekolah kita tercinta ini. Kemudian kami juga mengajak bapak/ibu sekalian untuk kembali mengingat peran dan fungsi dalam membangun sekolah ini,"  Sabarudin.  

 

Sabarudin mengaku sangat senang dapat mengumpulkan kepala sekolah, guru, dan pegawai tersebut. “Alhamdulillah saya merasa sangat bersyukur bapak/ibu kepala sekolah, guru, dan pegawai SMAN 1 Manggar sangat antusias dalam mengikuti acara ini," ujarnya.

"Saya juga terkejut semua kepala SMAN 1 Manggar serta guru dan pegawai yang diundang benar-benar memberikan effort yang besar untuk acara ini. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat saya syukuri karena dalam benak saya, bapak/ibu sekalian adalah sosok-sosok yang sangat luar biasa. Bapak/ibu adalah orang-orang yang telah berdedikasi membangun sekolah ini hingga dapat bertahan dan Berjaya sampai saat ini," sambungnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar atas waktu para undangan dapat hadir di acara hari ini. Terima kasih pula diucapkan kepada para sponsor, terutama Bank SumselBabel, penerbit buku Erlangga, dan anggota DPRD Provinsi Babel alumni SMAN 1 Manggar. 

"Saya juga mengajak kita semua untuk dapat berdoa bagi bapak/ibu kepala sekolah, guru, dan pegawai yang telah dahulu pergi mendahului kita. Semoga segala dedikasi mereka membangun dunia pendidikan menjadi amal yang dapat membawa mereka semua menuju surga-Nya," paparnya.

"Kemudian semoga kedepan kita dapat mengundang lebih banyak lagi keluarga SMAN 1 Manggar untuk dapat terus bersilahturahmi dan berkontribusi untuk sekolah kita yang tercinta ini. Terakhir semoga sekolah kita ini dapat terus berprestasi dan memberikan kontribusi untuk negeri, tentunya dengan dukungan dan doa dari bapak/ibu sekalian," tutup Sabarudin. (*)

 

Artikel ini disalin sepenunya dari laman https://belitongekspres.disway.id/read/640899/rayakan-hari-ulang-tahun-ke-42-sman-1-manggar-bernostalgia/15

(Admin, HR)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Peta Mutu Sekolah

APRIL 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi meluncurkan platform rapor pendidikan. Rapor pendidikan adalah platform yang menyediak

18/01/2023 07:38 WIB - Administrator
Prestasi Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin Diganjar Penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif AKSI 2022

Kembali prestasi membanggakan di raih oleh Kepala SMAN Negeri 1 Manggar, Sabarudin pada Sabtu (14/01). Kepala sekolah inspiratif tingkat nasional tahun 2022 tersebut diganjar penghargaa

18/01/2023 07:34 WIB - Administrator
INGIN PEMBELAJARAN SEJARAH LEBIH MENARIK? STORY TELLING KUNCINYA

  Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan, proses perubahan atau dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehid

27/12/2022 10:26 WIB - Administrator
Peraih Medali Emas Olimpiade Astrologi Dapat Beasiswa Pendidikan dari Penjabat Gubernur Babel

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin akan memberikan beasiswa kepada siswa peraih emas Astrologi 2022 untuk melanjutkan kuliah di Istitut Tekno

27/12/2022 09:39 WIB - Administrator
Hadiah untuk HUT Babel ke 22, Sabarudin Raih Kepsek Inspiratif 2022

Apresiasi tertinggi bagi kepala sekolah di dapatkan oleh kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin pada Jumat (25/11). Beliau berhasil menjadi Kepala Sekolah Inspiratif Nasional tahun 2022. Peng

27/11/2022 12:06 WIB - Administrator
Apresiasi Tertinggi, Sabarudin Jadi Kepala Sekolah Inspiratif Nasional 2022

Apresiasi tertinggi bagi kepala sekolah di dapatkan oleh kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin pada Jumat (25/11). Beliau berhasil menjadi Kepala Sekolah Inspiratif Nasional tahun 2022. Peng

27/11/2022 12:04 WIB - Administrator
Indra dan Daffa Raih Penghargaan di Moment HUT ke-22 Provinsi Babel

Hari jadi ke 22 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan momen yang sangat istimewa bagi SMAN 1 Manggar. Sekolah di Kabupaten Belitung Timur tersebut berhasil membuka jalan bagi ked

22/11/2022 13:51 WIB - Administrator
KPID Babel Kagumi SMAN 1 Manggar Penggiat Literasi, Ajak Kembangkan Literasi Media

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Bangka Belitung bertandang ke SMAN 1 Manggar pada Rabu (16/11). Rombongan yang terdiri dari ketua beserta komisioner tersebut datang tepat pukul

18/11/2022 21:46 WIB - Administrator
Perkuat Publikasi Ilmiah, SMAN 1 Manggar dan UnMuh Babel Jalin Kerjasama

SMAN 1 Manggar kembali lakukan penandatangan nota kesepahaman dengan lembaga pendidikan tinggi. Sekolah negeri pertama di Belitung Timur tersebut kali ini menandatangani kerjasama denga

16/11/2022 12:09 WIB - Administrator
Pengembangan Literasi Sekolah, SMAN 1 Manggar dan SMAN 1 Pemali Jalin Kemitraan

Jalinan kerjasama terus dibangun oleh SMAN 1 Manggar. Kali ini sekolah tersebut menjalin kerjasama dengan SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka pada Senin (14/11). Kerjasama yang dimaksud ada

15/11/2022 14:50 WIB - Administrator