• SMA NEGERI 1 MANGGAR
  • Totality Is The Key To Quality

PERINGATAN “ HARI KARTINI ” INSPIRASI PEREMPUAN MASA KINI

A P R I L,  merupakan bulan yang sangat bersejerah, bagi kita di mana,  salah satu bentuk sejarah tentang suatu perjuangan pada saat itu,  menjadikan  perjalanan panjang dalam  Harkat dan Martabat kaum perempuan Indonesia, yaitu perjuangan Emansipasi Wanita.

Sosok RA Kartini, merupakan perjuangan seorang perempuan Indonesia pada tahun 1912, yang pada saat itu,  mendirikan sekolah wanita pertama di Indonesia, menjadikan suatu yang patut untuk kita syukuri.  Kini  setiap tanggal  21 April dijadikan  hari bersejerah untuk mengenang jasa pahlawan wanita Indonesia Raden Adjeng (RA) Kartini. Atas segala perjuangannya itu, kartini membela hak kaum wanita Indonesia dalam mendapatkan pendidikan yang layak dan perlakuan yang adil. Jasa beliau untuk wanita Indonesia, tidak hanya membuat seorang kartini dikenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tetapi lebih dari itu,  juga sebagai sosok menginspirasi berbagai generasi wanita Indonesia. Seorang Kartini tidak hanya pintar dan menginspirasi, kegigihannya mewujudkan impian agar,  kaum perempuan Indonesia bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan setara dengan pria,  patut kita apresiasi dan dijadikan teladan bagi kaum perempuan pada masa kini.  Sosok wanita cerdas, pemberani dan ulet memiliki, angan-angan dan semboyan  yang sangat sempurna dari seorang RA. Kartini yaitu; 

“ Tiada awan dilangit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam”, “ Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagian yang sempurna datang kepadamu”.

Seperti yang kita ketahui, seorang Kartini adalah seorang pejuang emansipasi perempuan, Beliau memperkaya diri dengan pengetahuan dan juga vokal dalam menyuarakan kebebasan perempuan,  untuk mendapatkan pendidikan yang telah terampas saat itu. Lalu, bagaimana dengan KARTINI masa kini? Fimela.Com dalam Liputan 6 merangkum bahwa,  perempuan saat ini, tidak hanya bicara soal bekerja dan mengejar kesuksesan, tetapi juga dapat mencintai dan menghargai dirinya sendiri. Memperkaya diri dengan ilmu, wawasan, pengalaman dan dapat mengembangkan potensi dalam diri. Namun tak dapat dipungkiri, peran ganda seorang perempuan Kartini masa kini,  tak dapat lepas dari menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk keluarga. Hal tersebut juga harus diimbangi, dengan tetap merawat diri, menjaga penampilan, hingga vokal menyampaikan pendapat. Hal yang paling penting adalah bagaimana Anda dapat mengatur keuangan tentunya. “ Meskipun  Anda sibuk berkarier, keluarga tetap menjadi prioritas yang utama, terlebih anak-anak dan juga suami. Kaier yang cemerlang tak hanya melulu soal pekerjaan, tetapi juga harus apik dalam menjalani peran sebagai istri dan Ibu yang baik. Sebagai pribadi dengan jiwa Kartini, usahakan untuk menjadi pribadi yang lebih tegas, perhatian, penuh semangat hingga rela untuk berkorban, dan suatu sisi lainnya Anda juga bisa berpendapat dan menerima sebuah nasehat” , ( Mimi Rohmitriasih/Fimela,com ).

Zaman sekarang, penerimaan masyarakat semakin terbuka tehadap peran perempuan. Masyarakat selalu mengapresiasi positif perempuan yang bekerja, menjadi pemimpin, ataupun menjadi Ibu rumah tangga.  Penerimaan terhadap peran perempuan di berbagai aspek kehidupan selalu, dikaitkan dengan kiprah R A Kartini, 140 tahun lalu.  Semasa hidupnya, perempuan kelahiran 21 april 1879 itu, terus memperjuangkan emansipasi atau persamaan hak perempuan di Indonesia. Kartini  tidak hanya pintar dan menginspirasi, kegigihanya untuk mewujudkan impian agar kaum peermpuan Indonesia bisa bersekolahdan mendapatkan pendidikan setara dengan pria patut kita apresiasi dan di jadikan teladan bagi kita semua. Namun di masa sekarang ini, juga banyak terdapat wanita cerdas, pemberani dan menginspirasi seperti RA. Kartini dapat juga kita temui di era sekarang ini. Sosok-sosok wanita berikut ini, adalah sosok-sosok pilihan yang bisa dikatakan menginspirasi seperi RA Kartini, sosok-sosok wanita pilihan tersebut, diantaranya:  

  1. Sri Mulyani

“ Perempuan muncul sebagai kekuatan utama untuk perubahan! Negara-negara yang telah berinvestasi dalam pendidikan untuk perempuan dan menghapus hambatan hukum yang mencegah wanita dari mencapai potensi mereka sekarang melihat manfaatnya.” ( Sri Mulyani )

Sri Mulyani, wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, kini menjabat sebagai Menteri Keuangan. Prestasi besar sebelumnya, Ia menjabat sebagai Direktur Bank Dunia ( World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016. Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan di tahun  2005 pada era Pemerintahan Presiden sosilo Bambang Yudhoyono.

Nama beliau melejit karena pemikiran dan strategi ekonominya mampu membawa prekenomian Indonesia tetap stabil walaupun pada saat itu,  dunia sedang mengalami krisis ekonomi di tahun 2008. Tindakan  heroik itu menjadikan beliau sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes dan Menteri Keuangan Terbaik di Asia Versi majalah Emerging Markets pada  tahun 2008.

  1. Susi Pudjiastuti

“ Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bgiqn dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati”. ( Susi Pudjiastuti )

Wanita yang terkenal karena gaya dan perilakunya yang cukup nyentrik ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 januari 1965 ini mulai menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah Presiden Joko Widodo secara langsung memilihnya pada tahun  2014. Masa lalunya terbilang berbeda, saat kelas 2 SMA, Susi dikeluarkan dari sekolah akibat keaktiannya di gerakan golput. Semenjak itu, ia memutuskan tidak,  melanjutkan sekolah dan memilih untuk berbisnis. Akhirnya Beliau pun berhasil mendirikan Maskapai Penerbangan SUSI AIR yang sekarang  bernama, PT ASI Pujiastuti Aviation.

Untuk bisa menunaikan tugasnya sebagai menteri dengan baik, ia harus rela melepas semua jabatan sebagai Presedir di perusahaanya sendiri. Tidak lah mudah menjabat sebagai Menteri, gayanya yang unik dan nyentrik menjadi sorotan kritikan publik. Ia dianggap tidak sanggup menjalankan tugasnya sebab hanya lulusan SMP.  Namun, ia adalah sosok wanita berkarakter yang tegas dan berani. Gaya kepemimpinannya tidak ragu mengambil langkah ekstrim demi menjaga  dan melindungi sumber daya laut di Indonesia. Salah satu tindakan heroik yang pernah dilakukannya adalah peledakan kapal-kapal negara lain yang secara ilegal memancing diperairan  Indonesia. Hal ini sempat menjadi sensasional sampai-sampai seorang komikus senior terkenal di Jepang, menggambarkan sosok beliau di salah satu komiknya dan mengatakan bahwa Beliau adalah Menteri paling Keren di Asia.

  1. Angkie Yudistia

“ Ketika saya keluar dari zona nyaman, setidaknya saya bisa merasakan dan memaknai hidup saya” ( Angkie Yudistia )

Angkie Yudistia akhir-akhir ini, menjadi sosok yang banyak dibicarakan di banyak media masa. Wanita kelahiran Medan, 5 juni 1987 ini adalah seorang CEO dan Founder untuk perusahaannya sendiri bernama Thisable Enterprise, yang menjadi rumah untuk para penyandang disabilitas yang juga ingin sukses menjadi seorang pengusaha, walaupun saat beliau di vonis oleh dokter menjadi tunarungu saat umjur 10 tahun, berita ini menjadi mimpi buruk bagi seorang Angkie Yudistia. Kemana-mana, Angkie bisa saja tumbuh menjadi sosok yang susah bersosialisasi dan tidak percaya diri karena menjadi seorang difabel sejak kecil.

Namun, berkat dorongan semangat dari keluarga dan tekadnya yang kuat untuk tetap meneruskan pendidikannya, membuat Angkie justru mampu meraih berbagai prestasi yang menurut perkiraan orang-orang akan sulit  untuk menggapainya, bagi seorang difabel. Berkat segala prestasi yang diraihnya Angkie,  berhasil menjadi sosok yang menginspirasi bagi semua orang penyandang difabel, bahwa kekurangan yang dimiliki tidaklah menjadi halangan untuk meraih kesuksesan.

Beberapa tokoh wanita di atas merupakan sosok yang paling berpengaruh saat ini, tokoh wanita yang memperjuangkan Emansipasi wanitanya, yang mensejajarkan,  kedudukannya dengan posisi yang diemban oleh kaum pria saat ini. Masih banyak lagi toko-tokoh wanita yang berpengaruh saat ini, sebut saja: Ibu Tri Rismaharini, Menteri sosial, Ibu Anne Avantie, Desainer Kebaya Kondang yang sangat terkenal, berbagai kegiatan sosial pun diperankannya, Sri Wahyuni Agustini, atau lebih dikenal dengan  Yuni, adalah Atlet wanita asal Bandung, yang berhasil memenangkan medali perak  Olimpiade Musim Panas tahun 2016 di Brasil dan peraih posisi Medali Perak pada Asian Games tahun 2014 dan tak kalah pentingnya Yuni adalah atlet wanita yang berhasil memberikan medali perak kepada Indonesia untuk cabang olahraga angkat beban. Beberapa sosok tokoh wanita di atas, merupakan beberapa contoh,  sosok yang patut kita berikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa tentunya.

Untuk menjadi kartini masa kini, Kamu tidak perlu memiliki segudang prestasi ataupun usaha yang luar biasa,  Menurut: ( Anisa Dwi Oktariani, dalam IDN TIMES, 19 April 2019 ), untuk menjadi Kartini masa kini, cukup lakukan enam hal sederhana beikut ini:

  1. Berfikir Positif

Seorang Kartini masa kini, memiliki pribadi yang menarik dan luar  biasa. Dia tidak  terpengaruh oleh perkataan orang lain tentang dirinya dan percaya bahwa Ia mampu meraih impiannya, meski orang lain berkata sebaliknya. Seperti sosok Kartini yang berfikir positif bahwa, ia mampu membawa perubahan besar bagi kaumnya,  meskipun di zaman itu hal tersebut hampir mustahil.

  1. Menjadi Wanita Cerdas dan Berani
  2. Kartini yang cerdas dan juga, berani menyuarakan isi kepalanya. Kartini masa kini pun harus memiliki sifat yang sama, harus cerdas dan berani seperti Beliau. Kemukakan apapun yang terlintas dalam benakmu selagi itu benar dan baik untuk kemajuan dan perubahan di lingkungan sekitarmu. Bukankah untjuk membuat Indonesia lebih baik lagi adalah dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kecil dahulu?
  3. Peka

Kepekaan yang dimiliki oleh Ibu Kartini, mampu membawa perubahan dalam dunia  pendidikan. Beliau menyadari bahwa dimasanya derajat laki-laki dan wanita, sungguh jauh berbeda, khususnya di bidang pendidikan. Untuk itulah beliau ingin mengangkat derajat terebut agar setara dengan laki-laki.  Kamu pun sebenarnya bisa membawa perubahan disekitarmu asalkan, kamu mau sedikit peka atas permasalahan yang ada.

  1. Bersosialisasi

Seorang Kartini masa kini harus mampu menjaga hubungan baik dengan orang lain serta terbuka akan perubahan dan kritik dari  orang lain. Semakin banyak kamu bergaul dengan orang dari berbagai latar belakang, wawasamu pun akan bertambah maka, pikiranmu pun semakin terbuka. Kamu bisa memberikan dan bisa mengembangkan serta memberikan manfaat yang berarti bagi orang-orang disekitarmu.

  1. Buktikan Kalu Kamu juga Bisa

Meskipun emansipasi wanita telah merajalela, masih ada beberapa orang yang menganggap hal tersebut tidak cocok untuk dilakukan oleh wanita, karena mereka menganggap bahwa wanita tidak bisa melakukannya. Untuk mengubah persepsi ini, tidak ada cara lain selain dengan membuktikannya bahwa kamu bisa.

  1. Tanamkan Kesadaran bahwa Wanita adalah Makhluk yang Kuat dan Istimewa

Kamu harus meyakini dengan pasti bahwa, dirimu itu adalah seorang wanita yang diciptakan Tuhan untuk menjadi makhluk yang pantas dicintai dan dihormati. Tuhan menciptakan sosok hebat terlahir dari rahim seorang wanita dan membentuk pribadi hebat dari didikannya. Tuhan juga menyertakan perasaan yang kuat sekaligus sangat rapuh pada diri wanita. Kamu harus meyakini dan percaya bahwa kamu itu, sungguh istimewa. Dan kamu pun bisa menjadi Kartini masa kini.

Perayaaan hari Kartini tidak cukup dengan hanya mengucapkan “ Selamat hari Kartini”. Kita sebagai wanita  Indonesia,  patut menghargai dan mengenang perjuangan Beliau dengan cara berusaha menjadi “ Kartini masa kini”.  Selamat Hari Kartini 2021, Jayalah wanita-wanita pejuang emansipasi, TERHEBAT ***

Oleh: Drs. Suhardianto

*Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Manggar

Artikel ini telah terbit di Babel Pos pada Senin 19 April 2021

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMAN 1 Manggar Buka MPLS Tepat di Hari Ulang Tahun ke-41

SMA Negeri 1 Manggar mengawali tahun pelajaran baru dengan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Jumat (30/07/2021). Kegiatan ini umum dilakukan sekolah setiap awal t

30/07/2021 20:00 WIB - Administrator
EFEKTIVITAS MPLS BAGI SISWA BARU DI TENGAH PANDEMI

Tahun Pelajaran baru 2021/2022 sudah memasuki tahapan bagi para siswa, dan tentunya harapan baru bagi siswa yang telah berhasil memilih sekolah yang diidamkannya atau sekolah yang menja

26/07/2021 18:55 WIB - Administrator
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN BERMUTU

Memasuki tahun pelajaran 2021/2022, seluruh sekolah di wilayah Indonesia umumnya masih diselimuti oleh berbagai kendala yang sangat pelik salah satunya adalah keadaan wabah covid-19 yan

22/07/2021 07:29 WIB - Administrator
Semarak Idul Adha, SMAN 1 Manggar Kurban 3 Sapi

Semarak perayaan Idul Adha di tahun ini terasa sedikit berbeda. Masih dalam pandemi Covid-19, hari raya umat Islam ini dilaksanakan dalam suasana yang tidak biasa. Namun demikian semang

21/07/2021 22:55 WIB - Administrator
Belajar Dari Ki Hadjar Dewantara

Libur Akhir tahun pelajaran 2020/2021 usai sudah, sekaligus sebagai tanda bahwa tahun pelajaran baru (2021/2022) dimulai. Spirit dimulainya tahun pelajaran baru sebagai momentum perubah

15/07/2021 17:20 WIB - Administrator
Tessa Lolos Seleksi Masuk 3 Universitas Negeri Ternama di Indonesia

Berhasil lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru di tiga universitas negeri ternama, merupakan prestasi yang luar biasa. Seperti Tessa Pradnya Naraswari, salah satu alumni SMAN 1 Mangg

13/07/2021 07:35 WIB - Administrator
Pendaftar SMA N 1 Manggar Membludak, Sekolah Swasta Sepi Peminat

KBRN, Beltim : Membludaknya calon siswa baru di SMA Negeri 1 Manggar jika dibandingkan kapasitas daya tampung sekolah menjadi perhatian Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur, Jafri. Disi

30/06/2021 20:05 WIB - Administrator
PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMA NEGERI 1 MANGGAR TAHUN 2021 JALUR MUTASI

PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DINAS PENDIDIKAN UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS SATUAN PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 MANGGAR Jalan Jenderal Sudirman Manggar Beli

29/06/2021 13:00 WIB - Administrator
SMAN 1 Manggar Pertahankan Juara Umum Kompetensi Sains Nasional 2021

SMA Negeri 1 Manggar kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kedisiplinan serta kerja cerdas Tim SMAN 1 Manggar mampu mempertahankan gelar juara umum dalam kompetensi sains nasional (

21/06/2021 19:15 WIB - Administrator
SMA 1 Manggar Rebut 8 Emas, Pertahankan Gelar Juara Umum Ajang Sains Nasional 2021 Belitung Timur

SMA Negeri 1 Manggar berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kabupaten Belitung Timur tahun 2021. Tim KSN Smansagar ham

21/06/2021 17:55 WIB - Administrator